Translate This Article

Selasa, 06 Mei 2014

Cried at Raudhah

Akhirnya waktu penantian pun tiba. Kesempatan kami buat masuk ke Raudhah makin dekat. Kami dan banyak rombongan jamaah umrah baik dari Indonesia maupun negara lain mulai meringsek maju sedikit demi sedikit. Jalan menuju raudhah dijaga oleh para asykariyah yang siap menegur, memarahi bahkan mengeluarkan para jamaah yang ngeyel masuk raudhah sebelum gilirannya.

28. Pengumuman di jalan masuk menuju Raudhah

Sedikit aku jelasin deh Raudhah itu apa dan kayak apa. Okay, Raudhah secara bahasa berarti taman. Suatu tempat di Masjid Nabawi yang ada di antara rumah Rasulullah SAW (sekarang makam Rasulullah) sampe mimbar masjid. Dalam hadits Nabi yang artinya “antara kamarku dan mimbarku terletak 1 bagian dari taman surga." Sejumlah ulama meyakini Raudhah itu beneran bagian dari taman surga di dunia. Pas kiamat tiba kelak, Raudhah bakal diangkat dan dibawa ke surga. Di tempat ini pula setiap doa yang dipanjatkan akan dikabulkan oleh Allah. Makanya Raudhah ini biasanya jadi tempat wajib dikunjungi para jamaah yang sedang ada di Masjid Nabawi. Raudhah sendiri ditandai dengan ruangan yang ada di dalam Masjid Nabawi dengan luas sekitar 144 m2 dengan pilar2 putih dan lantainya diberi karpet wol berwarna hijau (lantai selain Raudhah berkarpet merah). Pintu paling deket ke Raudhah adalah pintu Jibril.
29. Raudhah

Kami mulai menginjakkan kaki di Raudhah. Perlu usaha ekstra untuk mencapai tempat ini. Meski para asykariyah udah ngatur para jamaah yang masuk namun tetep aja para jamaah berlomba2 buat sholat 2 rekaat dan berdoa disana, ga terkecuali aku. Alhamdulllah waktu aku shalat disana aku mendapat tempat yang bener2 ga “terganggu” sama jamaah lain yang ingin sholat disitu juga. Aku punya tips nih. Kalau abis sholat disana, abis salam langsung sujud lagi buat berdoa. Dengan begitu kita bisa lebih khusyuk berdoa sama ga diminta cepet2 gantian sama jamaah lain karena mereka ngira kita sedang sujud untuk sholat. Tapi inget, kalau kita sujudnya kelamaan, para asykar/asykariyah yang keliling bakal menyuruh kita untuk segera ninggalin Raudhah biar jamaah lain bisa berkesempatan buat sholat disitu. Kalau kita ga segera pindah maka para asykar/asykariyah akan menepuk badan kita atau menyabet kita dengan sajadah dengan pelan biar kita segera cuss dari situ.

30. Interior Masjid Nabawi

Ini bener2 pengalaman religius yang ga pernah aku alami sebelumnya. Bisa masuk dan sholat di Raudhah dengan nyaman adalah suatu kemudahan dari Allah. Abis sholat, aku langsung sujud buat berdoa. Refleks keluar bulir2 bening dari kedua mata. Sama kayak pas aku bener2 liat dan deket banget dengan Ka'bah. Bahkan pas aku nulis ini pun aku masi terharu dan ngucapin doa agar aku bisa diberi kesempatan lagi untuk ke sana, Makkah dan Madinah :')

31. Halaman Masjid Nabawi yang superluas dengan payung2 raksasanya

Selain ada Raudhah, Masjid Nabawi juga punya tempat favorit para jamaah : makam Rasulullah SAW. Letaknya ada di dalam masjid, di sebelah kiri mimbar. Kalau kita ada di luar Masjid Nabawi, bagian makam ini ditandai dengan kubah hijau. Aku begitu takjub liat makam yang begitu apik yang pintunya berlapis emas. Dipenuhi oleh kaligrafi bertuliskan Muhammad dan dominan warna ijo sama emas. Sebuah karya seni yang bener2 indah dan sarat teknologi modern. Kenapa aku bilang gitu? nanti aku ceritain di postingan selanjutnya.

32. Salah satu sudut makam Rasulullah SAW

Oke, dulu makam Rasulullah ini namanya Masqurah. Karena Masjid Nabawi diperluas, makam ini jadi bagian dalam Masjid Nabawi. Makam ini punya 4 pintu : Pintu at Taubah, pintu Fatimah (sebelah timur), pintu Tahajjud (utara) dan pintu sebelah barat Raudhah tapi sekarang udah ditutup. Selain makam Rasulullah di dalemnya juga ada makam Abu Bakar dan Umar.
 
33. Masjid Nabawi dari luar. So beautiful
Abis dari Raudhah kami kembali ke hotel. Masjid mulai sepi pas itu karena waktu udah nunjukin sekitar pukul  22.30 an kayaknya. Sebelum kami keluar masjid kami nyempetin buat minum zam2 yang dikirim dari Makkah yang ditempatkan di dispenser2 sama kayak di Masjidil Haram. Abis itu kami keluar dari Masjid Nabawi dan kembali ke hotel buat istirahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Sesame Street Elmo 2