Translate This Article

Kamis, 06 Maret 2014

Renovasi Masjidil Haram

Waktu kami umrah ngepasin sama renovasi Masjidil Haram, tepatnya perluasan Masjidil Haram. Sebenernya masjid ini udah beberapa kali direnovasi (untuk perluasan) demi kenyamanan para jamaah haji/umrah. karena dari taun ke taun orang2 yang pergi ke Tanah Suci semakin banyak (jamaah terbanyak dari Turki. Indonesia ada di urutan kedua) makanya pemerintah Arab Saudi juga berusaha ngasih fasilitas yang apik buat para jamaah. 

Proyek renovasi ini direncanain selesai dalam 3 tahun. Negara kita tercintah Indonesia pun ikut ambil bagian dalam renov ini. Salah satu BUMN yang bergerak di bidang konstruksi ikut jadi subkontraktor disana. 

Bagi yang pernah ke Tanah Suci sebelum renovasi pasti pernah ke pasar terbesar yang jualan oleh2 haji di Makkah. Ya, orang Indonesia nyebutnya sebagai Pasar Seng. Pas umrah kemaren ane ga liat pasar itu karena masuk dalam area perluasan Masjidil Haram yang letaknya sebelahan sama Masjidil Haram. Renovasi emang dilakuin besar2an. Luasnya bakal ditambah 400 ribu m2. Masjidil Haram pas itu ga cuma dipadati jamaah, tapi juga oleh kendaraan+alat berat. Di setiap sudut ada plang nama proyek dan pekerja yang lalu lalang. Karena Makkah adalah Tanah Suci, maka yang boleh masuk dan bekerja di proyek ini adalah umat muslim saja. Pekerjanya pun ga melulu dari Timur Tengah tapi bisa aku liat pekerja berciri fisik Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Selatan, Eropa, Afrika dan sebagainya.  Mereka bekerja di bawah kendali Saudi Bin Ladin Group, perusahaan kontraktor milik keluarga kerajaan Arab Saudi. Konon pekerjanya mencapai 8.000 orang. Aktivitasnya 24 jam dikerjain dengan alat2 canggih kecuali waktu shalat. Ini juga jadi suatu kesempatan yang baik buat para pekerja karena selain bisa terpilih kerja di megaproyek prestis yang ga semua orang bisa disitu, mereka juga bisa sekaligus ibadah umrah.

21. Thawaf ditengah2 renovasi Masjidil Haram

Ratusan truk hilir mudik ngangkut batu dan tanah bekas galian dari Syamiyah, gunung batu di sekitar Masjidil Haram. Tadinya gunung itu menjulang tinggi. Kini dibuat rata jadi pondasi, sementara bagian yang tersisa masih terlihat bangunan rumah dan toko yang udah ditinggal penghuninya. Beberapa bagian masjid sudah dirobohkan dan sedang dalam proses renovasi. Akibatnya, space masjid yang digunakan buat shalat juga berkurang. Daya tampungnya pun ikut berkurang. Di arena thawaf aja pas renov ini daya tampungnya cuma 22 ribuan jamaah. Padahal dalam kondisi normal bisa nampung 52 ribu jamaah. Tapi abis renov ini nanti arena thawaf bakal bisa nampung jamaah sebanyak 150 ribu. Itulah sebabnya jamaah haji dari Indonesia tahun 2013 kemaren dipotong kuotanya 20% buat menghindari keadaan yang ga diinginkan. Kalau proyek yang diprediksi tahun 2016 ini selesai, maka jamaah yang beribadah disana bakalan bisa lebih banyak. Dari yang awalnya hanya bisa nampung 2,5 juta jamaah akan naik jadi 4 juta jamaah.

22. Pembangunan arena thawaf lantai 2

 Nah karena lagi ada proyek ini maka aturan waktu sholat jadi lebih ketat. Petugas di Masjidil Haram bakal nutup dan buka pintu gerbang Masjidil Haram 15 menit sebelum dan sesudahnya. Jadi kudu atur waktu biar ga telat ke Masjidil Haram atau ga bakal bisa sholat jamaah disitu.

23. Alat2 berat yang dijalankan bersamaan dengan thawaf
Selain perluasan Masjidil Haram, Raja Abdullah juga membangun Mekkah Royal Clock Tower, menara jam yang puncaknya dilapisi emas setinggi 600 m. Menara ini bakal jadi bangunan kedua tertinggi di dunia abis Burj Khalifa di Dubai. Jam menara dibikin enam kali lebih gede dari Big Ben di London dan bakal dijadiin patokan waktu alternatif selain GMT (Greenwich Mean Time).

23. Makkah Royal Clock Tower
 (source : http://uniqpost.com/wp-content/uploads/2012/07/433.jpg)

Puncak menara dilengkapi dengan pengeras suara yang mampu memancarkan suara adzan sampai 7 km dari Masjidil Haram. Dilengkapi dengan lampu hijau dan putih yang nyala pas adzan berkumandang. Lampunya bisa diliat dari jarak 30 km, sebagai pertanda bagi mereka yang ga terjangkau suara bahwa sedang berlangsung adzan di Haram. Trus buat menghindari kemacetan saat musim haji juga akan dibangun terowongan yang hubungin Mina, Mudzalifah dan Arafah.
Buatku, renov ini punya arti positif dan negatif. Positifnya adalah Masjidil Haram akan bisa nampung banyak lagi jamaah dan akan lebih nyaman dengan tambahan fasilitas yang sedang disediain sekarang. Negatifnya adalah banyak tempat2 bersejarah yang hilang/dihancurin buat perluasan Masjidil Haram ini. Diantaranya adalah rumah istri Rasulullah SAW, Khatijah ra.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Sesame Street Elmo 2