Translate This Article

Kamis, 22 Mei 2014

City Tour Madinah

Kali ini aku mau cerita saat kami masih di Madinah. Seperti yang udah aku bilang kemaren, Madinah itu kota favoritku. Dan hari itu kami semua akan dibawa keliling kota Madinah alias city tour Madinah. Ini yang aku tunggu2 setelah aku ibadah di kota ini, karena hobiku travelling sama icip2 makanan unik makanya aku semangat nyiapin hari itu buat jalan2. O iya, bagi yang pengen tau kayak apa canggih dan kerennya teknologi Masjid Nabawi bisa liat disini, Teknologi di Masjid Nabawi
 
Ok, perjalanan bermula ketika bis melaju meninggalkan hotel menuju suatu tempat yang ga kalah bagusnya dari Masjid Nabawi. Sepanjang jalan yang terlihat ada hotel2 buat para jamaah;  butik dan toko baju bermerek kayak d Makkah macam LV, Giordano, dll; supermarket; dan tempat makan. Aku sempet liat beberapa restoran Indonesia di sana kayak sate ayam dan nasi padang (yeay, hidup nasi padang!). Yang menurutku beda antara Makkah dan Madinah itu jalan sama pemandangan sekitarnya. Kalau di Makkah jalan yang dilewati naik turun, kalau d Madinah jalan rata dan banyak tumbuhan di kiri kanannya. Negara2 Timur Tengah apalagi Arab Saudi memang mengimpor tanah dari negara2 Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Jadi inget di Padang Arafah sudah banyak pepohonan atas usul Presiden Soekarno yang menyarankan pada Raja Arab Saudi saat itu buat membeli tanah dan bibit pepohonan dari Indonesia supaya tuh padang ga gersang. Dan, jadilah pohon2 yang tumbuh di Padang Arafah dikenal sebagai pohon Soekarno. Selain itu, tata kota di Madinah lebih apik daripada Makkah. Itulah sebabnya I love Madinah very much :*

Sampai juga kami di sebuah masjid yang ga kalah bagusnya dari masjid2 lain yang pernah aku sambangi dan lewatin. Masjid ini keliatan asri karena ada taman2 dan pohon2 kurma disekitarnya. Masjid ini dibangun oleh Rasulullah pas lagi hijrah dari Makkah ke Madinah. Dalam sejarah tertulis kalau  peletakan batu pertama masjid ini dilakuin oleh Rasulullah. Abis tu, beliau ngajak umatnya untuk ikut membangun. Rasulullah pun terjun langsung membangun masjid ini. Subhanallah... benar2 suri teladdan yang baik... Setelah selesai, beliau dan umatnya kala itu langsung menunaikan salat dua rakaat. Beliau pun selalu singgah di masjid ini pas mau ke Madinah. Nah, karena letaknya di daerah Quba, makanya ni masjid disebut dengan nama Masjid Quba.

34. Masjid Quba

Aku seneng banget pas sampai di masjid ini. Karena sesuai hadits Nabi yaitu barangsiapa yang salat 2 rakaat di Masjid Quba pahalanya sama dengan 1 kali Umrah. bahkan di tembok masjid juga ada salinan haditsnya :) 

35. Keterangan Keutamaan Sholat 2 rekaat di Masjid Quba

Selain itu, aku juga terkesima liat bangunan masjid ini. Eksterior masjid bercat putih ini punya empat menara tinggi. Pepohonan kurma mengelilingi masjid dan ada taman plus air mancur di bagian depan masjidnya so bisa bikin adem suasana ditengah hawa Madinah yang panasss... (maklum di Timur Tengah...). Masjid Quba kini bisa nampung hingga 20 ribu jamaah. Masjid yang bentuknya persegi panjang ini luasnya +/- 5.860 m2 dan punya dua lantai termasuk perpustakaan dan ruang belajar mengajar.

 36. Interior Masjid Quba dengan aktifitas jamaahnya

Masjid Quba ngalamin  banyak renovasi dan perubahan. Taun 2012 lalu, Masjid Quba dipugar dan diperbesar lagi. Pemerintah setempat ngeluarin hingga 100 juta Riyal (+/- Rp 2,6 M). Masjid Quba pun disebut-sebut sebagai masjid tertua yang ada di dunia.

Abis sholat 2 rakaat kami sempatin dzikir, doa dan baca AQ sampai waktu yang ditentuin. Sebelum pulang kami sempat keliling2 dan foto2 bntar. Kebiasaan orang Indonesia yang satu ini tetep ga bisa ilang, he3...

Perjalanan dilanjutin ke suatu tempat yang kata muthawwif, kami bisa liat2 kebun kurma skalian beli macam2 oleh2 khas Tanah Suci disana. Dan benar saja, kami sampai di suatu tempat semacam toko yang ngejual aneka rupa kurma, kismis, kacang2an arab, buat tin, coklat, dll. Kami masuk dan ngicip kurma2 tadi. Beberapa jamaah terlihat sibuk memilih kurma dan oleh2 lain untuk dibawa pulang. Aku lalu pergi ke belakang dan subhanallah... aku bisa liat kebun kurma yang luas, rimbun dan teduh. Disitu kami bisa liat pohon2 kurma berjajar rapi. 

37. Kebun Kurma di Madinah

38.Fresh Date Fruits

Disitu juga banyak pedagang2 yang ngejual oleh2 khas Timur Tengah (non makanan) macam rumput fatimah, tasbih, dll. Ada sebagian pedagang berasal dari Indonesia. Ayah pun tertarik buat beli sesuatu disitu. Ayah beli kayak batu2 kecil warna coklat (ga taulah apa namanya) kegunaannya buat mempercepat penyembuhan luka ba’da operasi.

Kesempatan di kebun kurma ga kami sia2in. Aku dan keluarga minta foto bareng muthawwif karena abis itu mungkin kami udah ga ketemu lagi :’( o iya kami ga beli kurma disitu karena kami nitip sama muthawwif buat dibawain ke hotel sekalian di pack sebelum kami cabut dari Madinah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Sesame Street Elmo 2