Translate This Article

Kamis, 20 Maret 2014

Shopping Time at Makkah

Ini cerita lain pas aku di Makkah. Selain ibadah umrah aku juga nyempatin buat jalan2 di sekitar Masjidil Haram. Kebanyakan bangunan di sekitar Masjidil Haram adalah hotel2 dengan toko dan mall di lantai 1 atau ground floors nya. Kebanyakan toko menjual berbagai macam sovenir khas Tanah Suci macam parfum, sajadah, gamis, kurma, kismis, zaitun, coklat dll. Untuk mall biasanya ada di lantai 1 ke bawah hingga 3rd ground floor. Yang dijual sama kayak mall2 kebanyakan. Ada supermarketnya, toko pakaian, toko sovenir, dll. 

Hari kedua di Makkah ba’da sholat dhuhur di Masjidil Haram, aku dan keluarga masuk ke salah satu supermarket disana. Banyak para jamaah yang manfaatin waktunya kesini juga. Waktu itu bapak beli semacam roti khas Timur Tengah. Ga tau namanya tapi bentuknya bulat tipis dengan aroma khas rempah Timur Tengah. Lumayan murah juga harganya. Ibu beli air mineral buat persediaan di kamar. Aku dan adek sibuk muter2 nyari cemilan khas disana. Sempet pengen beli coklat disana karena varian rasa dan merknya buanyak banget (kayaknya orang Arab suka makan coklat deh). Tapi pilihan kami jatuh pada Lays. Ya. Karena kami suka kripik kentang dan  merk ini ada di Indonesia tapi untuk di Arab Saudi produk ini punya rasa sendiri. Kami pilih rasa french cheese. Pas itu ane liat ada eskrim juga. Aku langsung buka lemari pendinginnya dan ambil ice cream sandwich. Abis itu kami liat2 isi supermarketnya. Banyak juga dijual sayur2an hijau dan buah2an yang kebanyakan impor dari Asia.

Aku liat banyak produk Indonesia yang dijual disana. Beberapa merk makanan, minuman, obat2an macam balsem, minyak angin, obat maag dll tersedia disana. Dan... bagi yang rindu makan mi instan bisa beli Indomie karena banyak dijual dan didapet dengan gampang disana.


21. Kemasan Indomie di negara2 Timur Tengah

 Nah, pas kami lagi milih2 barang, ada salah satu pegawai supermarket yang nyapa kami. Ternyata dia orang Indonesia asal Jawa Barat yang kerja disana. Serasa ketemu sodara sendiri, dia lalu ngajak bapak ngobrol2 ringan. Ga berapa lama kemudian kami pamitan dan menuju kasir buat bayar belanjaan kami. Asal tau aja ya, semua pegawai di Arab Saudi adalah laki2 (kecuali pekerjaan yang memang hanya boleh dilakukan wanita ie. Bidan, dokter wanita untuk pasien wanita, dll). Jadi kasirnya pun laki2 juga. 

Let's talk bout the dishes :) Makanan dan minuman yang kami konsumsi pas umrah sebenernya sama dengan di Indonesia. Ada nasi, roti, lauk pauk kayak ayam, ikan, telur, sayur2an yg dimasak kayak sup, ca, tumis, dll. kalo ngepasin dapet menu nasgor, disana pake beras basmati. Beras asli India dengan penampakan gede2 (+/- 2x beras normal) dan diklaim sebagai yg terenak daripada beras/nasi lain (katanya sih...). Kalau minumannya sih standar Indonesia juga. Ada teh/kopi/sirup. Nah, menu2 yg ada adalah menu yg disesuaikan sama lidah masing2 orang dari negaranya. Karena kami jamaah Indonesia, maka menunya pun menu Indonesia. Chef dan para pembantunya pun juga didatangin dari Indonesia.

Ini dia beberapa makanan dan minuman yang kami konsumsi selama di Makkah dan Madinah :


 22. Makanan dan minuman yang pernah dikonsumsi di Tanah Suci

1. Ice cream sandwich
Ice cream sandwich vanila yang ane sama adek beli di supermarket di Makkah. Abis bayar di kasir kami kudu cepet2 balik hotel kalau ga mau eskrimnya keburu cair. Suhu Makkah saat itu sedang panas2nya mencapai 52⁰ C di tengah hari. Dan, meskipun kami udah berusaha jalan cepet buat jaga tu eskrim, sampai di kamar ane buka bungkusnya mau dimakan ternyata si sandwichnya udah melempem sebagian kena lelehan eskrimnya.

2. Chocolate puff
Ini semacem roti isi coklat yang kami makan pas city tour Makkah. Enak, coklatnya penuh. Pas digigit langsung kena coklatnya. 

3. Croissant
Croissant isi coklat ini kerasa banget menteganya. Isi coklat juga. Kami serombongan makan ini pas perjalanan ke Madinah dan pas city tour Madinah.

4. Lays
Ini dia lays yang aku beli pas di Makkah. Ada macam2 rasa. Yang kuinget Cuma 2, ini sama salt and vinegar. Kalau yang ini rasanya keju banget. Salt and vinegar rasanya kayak acar. Asin kecut. Agak nyengir2 gitu pas makan saking kecutnya, tapi abis juga tuh, hahaha XD 

5. Pepsi cola KFC
Jangan dikira di Makkah ga ada makanan fast food kek gini ya... malah banyak banget seputaran Masjidil Haram restoran2 fast food lokal sampai internasional yang buka sampai malam. Ini kami beli paketan sama burgernya di KFC depan Masjidil Haram. 

6. Burger ayam KFC
Sebelum thawaf wada’ kami udah sarapan di hotel. Selesai thawaf wada’ udah masuk siang hari. Waktunya makan siang. Tapi kami ga kembali ke hotel karena ingin menjajal salah satu kuliner khas disana. Tapi adek pengen ke KFC. Akhirnya kami beli paket burger ayam+pepsi. Isi burgernya sama kayak beli di Indonesia, Cuma ga ada sayurnya blas. Jadi Cuma burger yang ditengahnya ada dagingnya. Udah. Tapi yang khas adalah rasa ayamnya itu rempah banget khas masakan Timteng gitu... pas itu burgernya udah abis so foto kardusnya aja ya, he3... 

7. Kurma
Macam2 jenis kurma ada di sini. Foto ini diambil pas lagi di Madinah. Tepatnya di toko kurma yang dibelakangnya ada kebun kurmanya juga. Nanti ane ceritain pas udah sampai di Madinah. 

8. Macam2 oleh2 khas haji/umrah
Di Madinah tadi selain kurma, toko2 juga ngejual macam2 oleh2 makanan khas haji/umrah kayak buah tin, zaitun, coklat dll. Lengkapnya ane kupas di city tour Madinah nanti :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Sesame Street Elmo 2