Translate This Article

Rabu, 19 Februari 2014

Waitin' Zuhur Time @Masjidil Haram

Kemaren ngobrol ringan sama adek. Ngobrol ngalor ngidul lama2 jadi ngobrolin saat umrah kemaren. Dari situ aku jadi inget saat kami sekeluarga ada di Masjidil Haram dan sholat disana. Di postingan sebelum2nya aku pernah bilang kalau jarak antara hotel-Masjidil Haram agak lumayan. 1 kiloan ada kayaknya, jadi kalau pp bisa 2 km. tapi itu ga jadi masalah buat kami. Kapan lagi bisa ibadah di Tanah Suci kayak gini? Waktu yang ada kami manfaatin sebaik2nya biar bisa ibadah dengan baik dan lancar.

Di Masjidil Haram kami sholat 5 waktu. Meskipun Ka’bah ada di dalam Masjidil Haram dan tiap detiknya selalu ada jamaah yang melakukan thawaf, tapi pas mendekati waktu sholat semuanya harus berhenti buat sholat. Kalau udah selesai sholat baru boleh thawaf lagi. Nah, disana juga selalu ada sholat jenazah di akhir sholat 5 waktu. Jenazah2 itu bisa dari jamaah haji/umrah yang meninggal di Tanah Suci atau penduduk Makkah.  Pas sholat wajib semua harus ada di shaf yang rapi. Kalau ga, para askar akan memberi peringatan secara lisan dan kalau masi ngeyel mereka ga segan2 narik jamaah buat nempatin atau ngasi liat shaf yang masi kosong dengan nada yang rada tinggi, tinggi, sampai sangat tinggi  XD Masjidil Haram itu luuuuaaaassss banget. Bisa sholat di lantai utama, bawah tanah atau di lantai atas. Nah, kalau pas jaman ayah ibuku kesana dulu, sholat di Masjidil Haram boleh jejer cewek cowok. Nah lho, gimana tuh? Jadi misalnya ayah sholat trus sebelah kanannya ibu. Ntar sebelah kanan ayah ga boleh perempuan yang bukan mahram tapi harus laki2. Trus sebelah kiri ibu juga harus wanita, ga boleh laki2. Jadi ga asal sholat. Tapi pas aku umrah kemaren aturan buat shaf sholat udah diganti kayak kita sholat2 di masjid. Shaf laki2 dan perempuan disendiriin. Jadi aku, ibu dan adek harus pisah sama bapak. Pas pulang nanti janjian ketemu di tempat yg udah disepakati biar ga sama2 nyari2. Secara Masjidil Haram itu super luas. Kalau ga gitu ntar susah ketemu atau bahkan ilang. Mungkin pada sering denger ada orang yang ilang atau terpisah dari rombongannya karena ga janjian ketemu dimana atau lupa tadi masuk lewat pintu mana (Masjidil Haram punya ratusan pintu dengan 4  pintu utama).

Waktu sholat pun tiba. Kami berdiri buat sholat dhuhur lanjut sholat jenazah. Habis itu kami balik ke hotel. Aku, ibu, adek nunggu di depan pintu tempat tadi janjian sama ayah buat pulang.

Di Tanah Suci
aku belajar banyak hal. Aku bisa liat macam2 cara orang sholat. Tanah suci itu bagiku kayak semacam tempat kumpul bagi seluruh muslim dari berbagai penjuru dunia. Beda asal, beda bahasa beda budaya tapi bisa kumpul jadi satu untuk tujuan yang sama, haji/umrah. Yang jelas so many diversities become one. Aku sempet bergumam didalam hati pas di Masjidil Haram. Aku pengen bisa liat orang kulit putih (barat) dan orang Asia Timur yang sama2 umrah. Eh, Allah tunjukin beneran. Aku liat di depan ane keluarga2 kulit putih yang umrah dan ketemu rombongan orang Asia Timur asli bukan keturunan (kalau dari mukanya mungkin orang Tibet, ha3… asal tebak XD). Nah, ini juga bisa jadi buat pembelajaran lagi buatku. Kalau lagi di Tanah Suci, semua ucapan dan perbuatan kudu bener2 dijaga meski cuma ngucap dalam ati. Kalau ucapan dan perbuatannya baik, Allah akan kabulin. Tapi kalo udah ada niatan jelek, pasti bakalan dapet efeknya juga. Padahal itu baru niat, belom sampe dilakuin. Okay, mari lanjut ke cerita lain di postingan berikutnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Sesame Street Elmo 2