Translate This Article

Sabtu, 19 Oktober 2013

Welcome to The Airport


Welcome to King abdul Aziz International Airport. Makin dekat menuju tanah suci. Ini dia beberapa hal yang menurutku berbeda. Wajar sih sebenernya, tapi bagiku ini unik.

1.  Begitu turun, yang keliatan adalah hamparan padang pasir tandus yang panas dan kering.
2.  Pas nyampe di depan pintu pesawat, hawa dingin AC langsung berubah jadi hawa panas kering khas iklim padang pasir. Kontras banget kerasa di kulit.
3.   Biasanya begitu keluar pesawat kita bakal masuk semacam lorong (ga tau deh namanya apa) yang ngehubungin antara pintu pesawat sama ruangan di bandara. Lah kalau disini enggak. Untuk menuju airport kami kudu turun dari pesawat trus nyebrang menuju bis khusus untuk dibawa ke airport untuk pengecekan paspor dan visa. Naik bisnya pun rebutan boo... begitu ada bis langsung deh para penumpang buru2 masuk. Mungkin takut ketinggalan bis atau males nunggu next bus karena tau sendiri disana bener2 panas kayak apa.
4.  Cek paspor-visa udah. Waktunya nunggu bis jemputan ke hotel. Aku sempetin ke toilet sebelum bis datang. Nah, toilet di King Abdul Aziz (KAA) ini bentuknya kayak di dalam 1 ruangan, di dalemnya (tengah) ada tempat untuk wudhu trus pinggir2nya buat toilet. Bersih. Air mengalir dari kran yang disambung pake selang2 tipis yang ada di setiap toilet. Yang unik nih ya, closetnya closet jongkok tapi lubangnya itu daleeemmm banget, jadi air yang kita siramin trus masuk ke dalem lubang closetnya ga bakal keliatan kayak di kloset2 kebanyakan.
5.  Tempat duduk di KAA terbuat dari semen yang dibentuk jadi kursi. Orang Jawa biasa nyebut “buk”. Kayaknya aku ga liat kursi “beneran” disana.
6. Penampakan airportnya hampir sama kayak airport kebanyakan. Luas. Yang bikin beda adalah orang2nya yang datang dan pergi disana. Semua orang yang datang ke KAA adalah para jamaah umrah dan haji (jika udah tiba musim haji) karena tu bandara khusus buat orang2 yang ber haji dan umrah.
7.  Pegawai di KAA adalah laki2. Karena di Arab Saudi adalah negara yang pakai syariat Islam, so ga ada pegawai wanita disana yang berhubungan langsung sama orang ramai.
8. Airport yang paling bersih (yang pernah kuliat) dari banner iklan/promosi. Ada sih beberapa perusahaan yg ngiklan produk2nya kayak bank, service provider, dll. Tapi tentunya ga pakai gambar/foto makhluk hidup bernyawa (manusia/hewan). Beberapa iklan diantaranya adalah iklan produk barang/jasa dari negeri kita, Indonesia. Applause dah, prok prok prok...
 Ini foto para jamaah umrah dari berbagai negara di salah 1 bagian KAA Int. airport. Biasanya mereka sedang nunggu bis


 7. Jamaah umrah di KAA

Kayaknya Cuma ini yg kuinget. Kalau ada yang ketinggalan mungkin bisa kutulis di postingan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Sesame Street Elmo 2