Translate This Article

Senin, 21 Oktober 2013

Holy Trip (Part 4 : OTW Mecca)

Saatnya nunggu bis jemputan dateng. Beberapa anggota rombongan kami menyempatkan istirahat bentar. Ada yg jalan2 liat2 keadaan airport, ada juga yg sibuk foto2 sendiri (maklum orang Indonesia XD).

The bus arrived about 15 minutes later. Porter langsung masukin koper2 dan barang2 kami ke bagasi bis. Tapi khusus ranselku, aku pilih bawa masuk ke dalem bis. That was my main stuff... tau apa isinya??? Yg jelas bgitu dibuka bakalan liat makanan sama minuman yg banyak hasil bawaan dari Indonesia, Thailand, sama UAE, ha3... maklum, kecil2 gini daya tampung perutnya lumayan jg pas itu. Selain itu ada jg barang bawaan wajibku yg lain di dalemnya kayak jaket dan obat2an pribadi. Ya... Alhamdulillah meskipun aku jarang banget atau bisa dibilang ga pernah mabok perjalanan sekarang, tapi obat2an pribadi kudu ada di ransel. Sapa tau ada yg butuh.

Bis mulai bergerak ninggalin KAA menuju Makkah. Di dalem bis udah ada sopir sama muthawwif yang akan mbimbing kami pas ibadah umrah ntar. Selama perjalanan, muthawwif ga henti2nya ngingetin buat ngucap kalimat talbiyah sama ngasi tausiyah dikit tentang panduan umrah secara ringkas. Buatku itu jadi semacem “ngulang materi” tuntunan umrah yg udah dipelajari sebelum berangkat biar lebih inget. O iya ngomong2 soal jalanan di sana, semuanya udah mulus. Selama di perjalanan ga pernah ngerasain bis goyang gara2 jalan berlubang. Di kiri kanan jalan sering liat pohon kurma berjajar. Kadang ada juga tanaman semacem rumput2an yg mungkin Cuma bisa tumbuh di daerah gurun.

8. Bergerak meninggalkan KAA

9. Jajaran pohon kurma di jalanan menuju Makkah

Di sana juga jarang banget liat sepeda motor. Kalaupun liat, yang aku liat pasti sepeda motor buluk terbitan taun 70an karena kbanyakan warga pake mobil untuk keluar rumah. Semua pengemudinya laki2. Jadi, jangan harap kalian liat wanita nyetir mobil apalagi sendirian. Bisa kena hukuman ntar.

10. suasana jalanan menuju Makkah

Meskipun hampir sepanjang jalan yg kuliat adalah hamparan bukit2 batu dan gurun pasir tapi di sekitarnya ada rumah2 warga. Bentuknya seperti rumah kubus (atapnya beton) dengan cat tembok warna padang pasir: coklat muda, coklat tua, krem. Banyak pula aku liat jajaran toko2 yg jual macem2 barang. Toko baju, makanan, dll. Ada 2 hal yg ga pernah  kuliat selama perjalanan : bengkel dan car wash. Kalau kata ibu, kalau mobil mereka rusak, mereka tinggalin mobil mereka di pinggir jalan lalu beli baru lagi. Tingkat ekonomi masyarakat Arab Saudi udah bagus bgt. Itulah sebabnya banyak aku liat bangkai2 mobil tak bertuan berserakan di pinggir jalan/tengah gurun pasir sampe berdebu bahkan karatan. Kalau di Indonesia mah, pasti udah ilang kali ya, dipreteli satu2 trus onderdil/bagian2 mobilnya dijual ke pasar loak, wkwkwk...

Perjalanan masih jauh dan kebanyakan rombongan kami kecapekan dan tidur. Sebelum pada tidur kami makan siang dulu di bis. Let's talk bout dish :) Menunya sih masakan Indonesia. Nasi putih, ayam bakar (tapi ga seenak ayam bakar di tanah air), lalapan+sambel, krupuk, sama pisang. Kata muthawwif, makanannya harus segera dihabiskan karena kalau enggak gitu ntar keburu ga enak. Bukan karena udah lama atau apa, tapi sepertinya di sana memang kudu cepet habisin makanan. Pengaruh iklim jg kali y yg bisa bikin makanan cepet ga enak/gmn. Ada bisa jelasin ke aku?

Cuaca super hot bikin aku haus bandel. Meski udah minum 1 botol air mineral ukuran tanggung masih aj kehausan. Semua “amunisi” berbentuk cair udah dimasukin ke perut. Untungnya pihak biro nyediain air mineral yg banyak (kudu dong ya). Dan bener aja, ga Cuma aku yang kehausan, semua jamaah jg merasa gt. Asal tau aja ya, pas kami ada di sana cuaca sedang panas2nya. Muthawwif bilang saat itu cuaca panas sedang ada di posisi 52 derajat C. Bandingkan sama panasnya tanah air yg bekisar antara 33-34 derajat C doang. Tapi kami cukup kebantu dengan AC bis yg emang ademmm... sampe akhirnya aku ngerasa ngantuk trus tidur juga. Tidur dulu lah. Kalau udah bangun sambung lagi. Hoahmmm... Doa tidur. Zzz...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Sesame Street Elmo 2