Translate This Article

Kamis, 27 Maret 2014

Before Left Makkah

Siang menjelang. Saatnya kembali ke hotel untuk makan siang dan packing buat ke Madinah. Rasanya berat ninggalin kota suci Makkah ini. Pengen bisa ada di sini lagi, suatu saat nanti. Itu salah satu doaku sebelum ninggalin Makkah. 
Buat obat kangen, aku sempat ambil beberapa gambar yang ada di Makkah and surrounding. Ini beberapa foto yang gambarin Makkah pas aku ada disana waktu itu : 

1. Perpustakaan Masjidil Haram

23. Perpus di daerah Sheeb Banu Hasyim

Ini adalah perpustakaan yang masih ada di dalam kompleks Masjidil Haram. Letaknya di Sheeb Banu Hasyim, sebelah timur Masjidil Haram. Perpustakaan ini didirikan oleh Syekh Abbas Qoththan pada tahub 1950 M/1370 H. Di dalemnya banyak banget kitab, naskah2 kuno dan berbagai benda bersejarah yang ga ternilai. Disebutkan oleh sebagian ahli sejarah, perpustakaan ini adalah rumah dimana Rasulullah dilahirkan. Rumah itu kemudian dimiliki oleh Aqil bin Abu Thalib yang ia terima dari nabi ketika beliau hijrah ke Madinah, trus dijual kepada Muhammad bin Yusuf ats Tsaqafi (saudara Al Hajjaj), yang kemudian memasukkannya ke dalam bagian rumahnya yang dikenal dengan nama Daar al Baidha. Nah, ketika al Khayziran ( ibu Harun ar Rasyid) menunaikan haji pada tahun 71 H, ia kemudian menjadikannya masjid untuk ditempati sholat. Sekarang hanya dipakai untuk perpustakaan aja dan dibuka selepas sholat maghrib. Karena pas itu kami sekeluarga datang pas siang abis thawaf wada', maka perpusnya masi tutup. 

Begitu masuk halaman perpus, kita bakal disambut beberapa banner.Salah satu banner ngegambarin keadaan di dalam perpus dan satu lagi berisi peringatan kepada para jamaah yang berkunjung biar ga ngagungin perpus. Peringatan ditulis dalam berbagai bahasa diantaranya Arab, Turki, Inggris dan Indonesia. Bunyi peringatan tersebut : Saudarauku se Islam : Tidak ada dalil shohih yang menentukan tempat lahirnya nabi Muhammad SAW. Maka mengambil barakah di tempat ini, atau mengkhususkannya dengan sholat atau doa adalah perbuatan yang dilarang menurut syariat. 

24. Perpus tampak depan dengan banner warna merah 

2. Pemukiman Penduduk Makkah 

25. Bangunan2 di Makkah

Ini gambar diambil saat matahari mulai cukup terang dan panas di Makkah. Karena kontur alam di Makkah sebagian besar adalah gunung batu, makanya bangunan2 juga didirikan di atasnya. Hotel2 untuk para jamaah haji/umrah saling berjajar tinggi menjulang dan di lereng2 bukit batu dipakai untuk pemukiman penduduk. Ga jarang banyak mobil2 yang lalulalang di jalanan di atas bukit. Sepertinya penduduk Arab udah terlatih bawa mobil di jalanan naik turun berkelok khas bukit dengan kecepatan tinggi. Perlu belajar nyetir kek gitu deh aku, ha3...

Baiklah, waktu di Makkah untuk kami saat itu sudah habis. Kami bergegas naik ke bus yang akan bawa kami ke Madinah. Ransel udah ada di pundak dan bus pun mulai jalan ninggalin kota suci ini. Good bye Makkah, I hope I can do hajj and umra also meet ur atmosphere again someday :’)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Sesame Street Elmo 2